RENDANG JENGKOL

       
       


Biji jengkol sedikit beracun karena adanya kandungan asam jengkol, sebuah asam amino yang dapat menyebabkan djenkolism (keracunan biji jengkol). Gejala yang muncul antara lain terjadinya kejang otot, pirai, retensi urin, dan gagal ginjal akut. Kondisi tersebut terutama dialami pria, dan tidak bergantung dari berapa jumlah biji yang disiapkan. Setiap individu dapat dapat mengonsumsi jengkol tanpa insiden, tetapi dapat mengalami gagal ginjal pada kesempatan yang lain.
Memakan jengkol dalam jumlah sedikit menciptakan masalah penampilan, karena menghasilkan bau mulut, keringat, feses, dan urin. Sebenarnya bau ini bisa diatasi dengan membersihkan diri dengan peralatan kebersihan yang mengandung pengharum, seperti pasta gigi, cairan kumur, sabun, dan deodoran. Bau pada saat kencing dapat dikurangi apabila pembilasan dilakukan sebelum dan sesudah kencing dengan jumlah air yang cukup atau bila perlu dibilas dengan cairan pembersih.
Selain bau, jengkol dapat mengganggu kesehatan seseorang karena konsumsi jengkol berlebihan menyebabkan terjadinya penumpukan kristal di saluran urin, yang disebut kejengkolan. Ini terjadi karena jengkol mengandung asam jengkolat yang tinggi dan sukar larut di air pada pH yang asam. Konsumsi berlebihan akan menyebabkan terbentuknya kristal dan mengganggu urinasi. Risiko terkena kejengkolan diketahui bervariasi pada setiap orang, dan dipengaruhi secara genetik dan oleh lingkungan. 

SUMBER : WIKIPEDIA


      Meskipun memiliki aroma yang khas, banyak orang yang menyukai jengkol. Tidak heran, terdapat banyak olahan jengkol. Mulai dari kudapan seperti keripik jengkol hingga masakan seperti semur jengkol. Selain semur, jengkol juga bisa dimasak dengan bumbu lain. Salah satunya adalah rendang jengkol. Hidangan ini memiliki rasa yang gurih dan pedas dari bumbu rendang. Jadi, rasanya tidak kalah dengan rendang daging, apalagi teksturnya juga legit.
BAHAN - BAHAN :
  1. Jengkol sebanyak 3 Ons
  2. Santan KENTAL 0,3 Liter(300ml)
  3. Santan encer 0,2 liter(200ml)
  4. Garam 2 sendok teh
  5. 1 sendok teh,Gula
  6. Serai 1 batang
  7. Lengkuas 2 ruas
  8. Daun kunyit 1 lmbr
  9. DAUN JERUK 4 lembar
  10. Minyak 4 sendok makan
  11. Daun salam 6 lembar
BUMBU HALUS :
  • Cabe rawit 8 biji
  • Cabe kriting 0,5 Ons
  • Bawang merah 9 siung
  • Bawang putih 6 siung
  • Kemiri 5 biji,dibakar
  • Kunyit 2 cm
  • Jahe 3 cm
  • Ketumbar setengah sendok teh
CARA MEMASAK :

  1. Belah jengkol jadi 2 bagian
  2. Rebus jengkol beserta daun salam selama 30 menit,angkat lalu tiriskan
  3. Geprek(pukul) jengkol hingga kulit ari nya mengelupas,lalu bilas dengan air bersih
  4. Lanjut,panaskan minyak.Tumis bumbu halus yang telah disiapkan,masukkan SERAI,LENGKUAS,DAUN JERUK dan DAUN KUNYIT hingga keluar aroma harum rempah.
  5. Masukkan jengkol di tumisan bumbu tadi,aduk hingga merata
  6. Tuang santan encer,gula dan garam sampai kuahnya agak kering
  7. Lanjut dengan menuangkan santan kental nya,aduk sampai mendidih.Kecilkan api nya,biarkan hingga kuah kering dan mengental
  8. RENDANG JENGKOL SIAP DISANTAP

Artikel Terkait